FAQ

BKD Mobile Banking adalah aplikasi yang dapat diunduh pada telepon seluler jenis Smartphone dan Tablet berbasis Android dan iOS, yang berfungsi agar Nasabah BKD dapat melakukan transaksi finansial dan non-finansial menggunakan jaringan internet atau paket data.

Ya. Dengan cara download aplikasi BKD Mobile Banking dan menginput data diri di Aplikasi sesuai dengan yang tersimpan di sistem Bank.

Anda bisa melakukan transfer antar BKD, transfer antar Bank (online), Quick Transfer, International Remittance, Inquiry Saldo, cek mutasi rekening, pembelian pulsa handphone, Top Up Go-Pay, Top Up TapCash, pembayaran tagihan (telepon, kartu kredit, Multifinance, Asuransi, TV Berlangganan, PDAM , dan lain-lain), pembayaran tiket penerbangan, pembayaran tiket KAI, dan lain-lain.

Untuk transfer antar BKD limit maksimal per hari adalah 100 juta, untuk transfer antar Bank limit maksimal per hari adalah 50 juta (info lebih lanjut cek limit transkasi BKD Mobile Banking). Sedangkan, untuk pembayaran tagihan, jumlah limit maksimal sesuai dengan jumlah tagihan.

Masih bisa, karena BKD Mobile Banking tidak memotong pulsa melainkan menggunakan koneksi internet/memotong pake data Anda.

Nasabah dapat melakukan pendaftaran BKD Mobile Banking melalui Cabang BKD terdekat dan langsung melalui Smartphone Nasabah menggunakan Instan Registrasi di aplikasi BKD Mobile Banking.

Selanjutnya Nasabah dapat mengunduh aplikasi BKD Mobile Banking pada Play Store atau App store, masukan di field pencarian dengan kata kunci BKD Mobile Banking. Setelah aplikasi berhasil diunduh, lakukan aktivasi dengan menginput No. Kartu Debit dan lokasi negara, selanjutnya pastikan terlebih dahulu untuk menentukan MPIN (kombinasi 6 digit angka), dan Password transaksi (kombinasi huruf dan angka, minimal 8 karakter dan maksimal 12 karakter serta tidak boleh sama dengan user ID atau mengandung unsur Nama) sebelum menggunakan aplikasi. Pastikan pulsa cukup untuk mengirimkan SMS verifikasi.

Aplikasi BKD Mobile Banking dapat di-install di semua tipe smartphone atau tablet berbasis sistem operasi Android (min. 5.0.0) dan iOs (min. 9.1).

Pada saat melakukan aktivasi Nasabah perlu mengirimkan SMS Verifikasi yang berisi kode verifikasi lalu kembali ke aplikasi BKD Mobile Banking untuk mendapatkan OTP. Selanjutnya, Nasabah akan diharuskan memasukkan 6 digit SMS OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk dilakukan otentifikasi data. SMS OTP akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar di sistem BKD. Jika belum menerima SMS OTP, maka silahkan memastikan bahwa sinyal operator tidak mengalami gangguan untuk menerima SMS dan pastikan terdapat pulsa handphone. Selain itu pastikan juga nomor telepon seluler telah tercatat di sistem BKD atau silakan memperbarui nomor handphone Anda melalui Cabang BKD terdekat. Setelah melakukan aktivasi, gunakan User ID dan MPIN Anda untuk login. Info lebih lanjut hubungi BKD Call 7862468.

Nasabah perlu melakukan pembaruan data nomor handphone pada kantor Cabang BKD terdekat dengan membawa identitas diri yang masih berlaku, buku tabungan atau kartu BKD Debit Card.

Jika MPIN atau Password Transaksi saya terblokir, maka Anda harus melakukan Aktivasi ulang BKD Mobile Banking, dengan cara pilih menu lupa MPIN / password transaksi pada layar awal Login, lalu lakukan aktivasi ulang.

Jika Anda lupa MPIN atau Password Transaksi, maka Anda dapat melakukan proses Lupa MPIN/Password Transaksi pada layar login.

Agar mengunjungi kantor Cabang BKD untuk melakukan pengkinian data BKD Mobile Banking.

Selama SIM Card dan jenis handphone yang Anda gunakan tidak berubah (Android ke Android atau iOS ke iOS), anda hanya perlu melakukan aktivasi ulang (langsung pada aplikasi BKD Mobile Banking) tanpa perlu ke cabang.

Anda harus melakukan reset Sim Card dengan mengunjungi cabang BKD terdekat.

Anda harus mengunjungi Cabang BKD terdekat untuk melakukan reset Sim Card karena terjadi perubahan pada SIM Card Anda.

Jaga selalu kerahasiaan data Anda (User Id, nomor kartu debit, dan kode SMS OTP), jangan beritahukan kepada siapapun, termasuk petugas Bank.

User ID, MPIN, Password Transaksi, Nomor Kartu Debit, Nomor Handphone harus sama dengan yang terdaftar di sistem, SIM Serial Number (SSN), dan SMS OTP.

SMS Verifikasi adalah SMS yang dikirim oleh Nasabah ke 1896 untuk mem-validasi nomor HP akun Mobile Banking Nasabah. SMS OTP adalah SMS yang berisi kode One Time Password otentikasi berupa 6 digit angka yang dikirimkan ke nomor HP Nasabah yang terdaftar di sistem, untuk proses validasi.

Bisa, pada saat melakukan aktivasi BKD Mobile Banking pilih lokasi “Luar Negeri“, dan pastikan nomor HP yang digunakan sama dengan nomor yg tercatat di BKD. Jika berbeda maka lakukan update no. HP terlebih dahulu di kantor cabang.

Saat berada di luar negeri, sistem akan mengirimkan SMS Verifikasi ke nomor: 08118961896, dan nomor operator pengirim SMS OTP adalah: 08118961896.

Saat aktivasi nasabah akan dikenakan biaya SMS, yaitu biaya saat sistem mengirimkan SMS Verifikasi dan saat aplikasi menerima SMS OTP. Besarnya biaya tergantung pada masing-masing operator seluler.

Untuk keamanan akun BKD Mobile Banking Nasabah, BKD Mobile Banking tidak dapat digunakan untuk device yang telah di-root.
Beberapa kondisi yang kemungkinan terjadi saat melakukan aktivasi BKD Mobile Banking :

KondisiSolusi
Root Device DetectedMelakukan unroot device. Demi keamanan akun Mobile Banking Anda, disarankan untuk meng-install BKD Mobile Banking pada device yang tidak di-root.
MBANK 51Mengunjungi kantor cabang BKD terdekat untuk mem-verifikasi data Nasabah.
MBANK 50Mengunjungi kantor cabang BKD terdekat untuk melakukan reset SSN.
MBANK 18, 36, 37Mengunjungi kantor cabang BKD terdekat untuk melakukan buka blokir.
MBANK ERROR, General ErrorPastikan versi aplikasi Anda sudah yang ter-update.
MBANK 1Mengunjungi kantor cabang BKD terdekat.

Untuk menjaga keamanan mobile banking, anda harus menjaga kerahasiaan data pribadi transaksi anda, antara lain: User ID, MPIN, Password Transaksi, Nomor Kartu Debit, Nomor Handphone dan SMS OTP.

Anda harus segera melakukan pemblokiran, dengan menghubungi BKD Call 7862468 atau langsung mendatangi petugas cabang BKD untuk meminta pemblokiran BKD Mobile Banking.